Senin, 27 Oktober 2008

PERKEMBANGAN GNATYX

Apakah kebersamaan G'natyx berakhir seiring dengan berakhirnya pendidikan di SMA?

Tentu saja tidak. Setelah hampir kurang lebih satu tahun bersama terikat dalam satu wadah IPA3, kebersamaan anak-anak G'natyx tetap masih berjalan. Meskipun tidak selengkap waktu masih di IPA3. Maklumlah, karena kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan, apalagi bagi yang sudah menikah. Tapi yang jelas rasa kebersamaan itu masih tetap ada di hadi anak-anak Gnatyx.

Setelah lepas dari IPA 3, anak-anak Gnatyx masih sering mengadakan acara-acara ngumpul bareng. Kegiatan yang sering dilakukan adalah saat bulan Ramadhan dan Idul Fitri, yaitu Buka sahur bersama dan halal bi halal. Kenapa dipilih pada bulan Ramadhan? Sudah pasti tentunya, pada bulan-bulan itulah, sesibuk apapun kegiatan masing-masing, pasti meluangkan waktu buat pulang ke kandangnya masing-masing. Saat-saat seperti inilah waktu tepat untuk dapat berkumpul bersama.

Tercatat, pada tahun-tahun pertama setelah berpisah, G'natyx tetap mengadakan acara buka sahur bersama. Tepatnya di rumah Bapak Irfan (Adisana), ayahanda dari saudari Amelia Falah Fakhrina. Ini merupakan kegiatan bersama yang pertama setelah lepas dari IPA3. Saat itu tidak semuanya hadir dalam acara tersebut. Tapi 50% masih bisa mengikuti acara tersebut. Seperti biasanya, kegiatan buka sahur bersama tersebut juga diisi dengan kegiatan-kegiatan yang tidak jauh beda saat masih berada di IPA3.

Kemudian, menyambung kegiatan buber, biasanya setelah lebaran beberapa hari, anak-anak mengadakan acara halal bi halal, biasanya sowan ke rumah Pak Pram. Begitulah kekompakkan-kekompakkan yang masih ditunjukkan oleh anak-anak G'natyx. Tapi anak-nak G'natyx perlu bangga dan tentunya bersyukur, karena walaupun sudah berpisah dan disibukkan dengan kegiatan masing-masing, namun masih bisa melakukan sesuatu yang dapat menumbuhkan tali silaturahmi.

Tahun-tahun berikutnya pun sama seperti itu. Cuma pada tahun kedua setelah berpisah, mungkin karena masing-masing anggota G'natyx lagi pada sibuk-sibuknya, kegiatan buber yang sedianya menjadi acara rutin setiap tahun, kali ini ditiadakan. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena banyak anggota G'natyx yang belum pulang. Sebagai gantinya, kegiatan halal bi halal masih bisa terlaksana. Jadi, anak-anak G'natyx masih bisa menunjukkan kekeluargaannya.

Pada tahun ketiga perpisahan, seperti biasa acara ngumpul-ngumpul tetap diadakan bersamaan dengan acara buka bersama. Kali ini untuk acara buka bersama, sudah direncanakan jauh-jauh hari. Tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya, biasanya acara diadakan secara mendadak dan dimusyawarahkan sehari sebelum acara. Tapi untuk kali ini, jauh-jauh hari sudah direncanakan. Mengenai tempat acara buber, ditetapkan masih di tempatnya Amelia. Tidak tahu kenapa, anak-anak G'natyx lebih tertarik untuk tetap mengadakan acaranya di rumahnya Amel, walaupun sudah beberapa kali. Kegiatan Halal bi halal pun masih ada dan seperti biasa, anak-anak sowan ke rumah Bapak Edi Pramono.

Setelah itu, anak-anak kembali dengan kesibukannya masing-masing dan berharap semoga bisa bersama lagi, meskipun peluang besar hanya saat bulan Ramadhan saja. Tapi semua optimis bisa berkumpul lagi.

Setahun berlalu, dan memang kesempatan untuk berkumpul terjadi pada bulan Ramadhan lagi. Kali ini acara pun tidak berbeda dengan sebelumnya, yaitu buka sahur bersama. Tapi, untuk buber kali ini, lebih matang lagi. Karena jauh-jauh hari, tepatnya awal-awal Ramadhan sudah dibentuk semacam panitia buber. Jadi pelaksanaannya juga bisa terkendali. Bukan itu saja, penyampaian informasi adanya buber, juga tidak hanya lewat SMS seperti biasanya, tapi kali ini penyampaiannya lewat surat dan diantar langsung door to door oleh panitia. Hal ini dimaksudkan agar peserta yang hadir, bisa lebih dan termotivasi untuk ikut acara tersebut. Tempat buber kali ini juga sudah tidak di rumah Amelia lagi, tapi ada kemajuan, anak-anak memilih di tempat lain yaitu di rumahnya Saudari Dwiyanti Sekar Sari.

Strategi itu memang berhasil. Terlihat dengan jumlah anggota G'natyx yang hadir jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya. 50% lebih yang hadir dalam acara buber kali ini. Seperti biasa, kegiatan buber ini juga diisi dengan shalat tarawih bersama. Ada yang special dari buber kali ini, yaitu Bapak Edi Pramono ikut serta dalam acara ini. Suatu kehormatan bagi anak-anak G'natyx tentunya.
Halal bi Halal tahun ini pun tetap ada, dan acaranya tetap sowan ke rumah Bapak Edi Pramono.

Setelah itu, kembali anak-anak G'natyx harus menggeluti kesibukan masing-masing. Dan tentunya hanya bisa berharap bisa berkumpul kembali.

Do'a terkabul, dan sepertinya anak-anak G'natyx akan kembali dipertemukan di suatu acara dan tepatnya jatuh pada bulan Ramadhan lagi. Ya, kegiatan buka bersama kembali menjadi satu-satunya fasilitas untuk bisa membuat anak-anak G'natyx dikumpulkan. Untuk acara kali ini, seperti biasa merujuk pada kesuksesan pada buber sebelumnya, jauh-jauh hari sudah direncanakan dan dibentuk panitia kecil. Hanya saja penyampaian pesan adanya buber, tidak lewat surat lagi. Hanya lewat pesan-pesan singkat saja.

Alhamdulillah, acara buber kali ini tepatnya di Ramadhan 1429 H/2008M, rumah Sdri. Amelia kembali terpilih menjadi tempat acara tersebut. Kegiatan ngumpul pun bisa terlaksana, meskipun dengan peserta yang tidak sebanyak pada buber tahun sebelumnya. Mungkin ada anggota G'natyx yang sibuk sekali sehingga tidak bisa hadir dalam acara ini. Tapi yang jelas anak-anak G'natyx masih bisa eksis dalam menjalin tali silaturahmi.
Sayangnya untuk tahun ini, halal bi halal yang biasanya diisi acara sowan ke rumah Bapak Edi Pramono, tidak ada. Entah apa alasannya sehingga tidak bisa dilaksanakan, yang jelas semoga saja di waktu-waktu berikutnya semangat kebersamaan anak-anak G'natyx masih melekat di hati sanubari masing-masing.

Demikianlah sekelumit perjalanan G'natyx setelah lepas dari IPA3 pada tahun 2004. Mudah-mudahan nilai-nilai kebersamaan yang telah terbina selama ini, bisa membawa manfaat bagi anggota G'natyx pada khususnya. Walaupun untuk bisa berkumpul, bertatap muka peluangnya sangat kecil dan mungkin bisa tercapai dalam satu tahun sekali, namun komunikasi antar anggota G'natyx tetap terjalin. Baik itu lewat fasilitas telepon, sms, ataupun internet.

Semangat G'natyx, jangan pernah pungkiri bahwa kita pernah bersama. Tetap jalin silaturahmi, tingkatkan ukhuwah. Insya Allah.

Kegiatan buka sahur bersama tahun 1427 H/Sari's Home



3 komentar:

AS ROMA

R o m a F o r e v e r |||